Cos’è l’odontoiatria sportiva e perché è considerata importante?

Migliori siti di scommesse e Casino Online - Top [2022]

Kedokteran gigi memiliki beberapa spesialisasi dan salah satunya adalah kedokteran gigi olahraga. Beberapa spesialis gigi hanya berfokus pada bedah mulut atau melakukan saluran akar dalam komunitas mereka. Banyak dokter gigi berspesialisasi dalam kesehatan gusi, sementara yang lain hanya berfokus pada kedokteran gigi anak. Keistimewaan lain yang tidak disadari orang adalah kedokteran gigi olahraga yang sangat penting bagi semua orang yang terlibat dalam olahraga.

Apa itu kedokteran gigi olahraga dan siapa profesionalnya?

Dokter gigi umum dan dokter gigi anak juga mempraktikkan kedokteran gigi olahraga. Tujuan seorang spesialis gigi adalah untuk membantu atlet mencegah kerusakan gigi saat mereka melakukan aktivitas favorit mereka. Mereka juga terlibat dalam perawatan atlet yang secara teratur menghadapi keadaan darurat gigi.

Jenis cedera yang diderita para atlet

Atlet secara teratur mengunjungi dokter gigi untuk gigi patah atau patah, gigi patah, atau kerusakan jaringan lunak. Anda mungkin percaya bahwa cedera ini biasa terjadi pada pemain sepak bola atau petinju karena sering berdampak pada mulut mereka dan memerlukan perawatan dari dokter gigi olahraga. Para atlet ini memang sering mengunjungi dokter gigi untuk merawat luka mereka, tetapi mereka bukanlah satu-satunya yang melakukannya. Setiap atlet yang terlibat dalam jenis olahraga kontak apa pun memerlukan bantuan dokter gigi olahraga karena setiap orang berisiko mengalami cedera. Mungkin masalah paling umum yang dihadapi oleh atlet adalah kehilangan gigi yang terjadi ketika wajah mereka terkena bola yang mengakibatkan gigi patah dan hilang sama sekali.

Mengapa kedokteran gigi olahraga penting untuk kesehatan gigi atlet?

Untungnya, kedokteran gigi olahraga di Freshmed, Polandia dapat membantu setiap atlet darurat gigi yang mungkin ditemui. Mereka juga dapat membantu atlet dalam pencegahan cedera gigi mulut dengan menggunakan metode berikut:

Rawat gigi yang retak

Gigi yang retak dapat dirawat menggunakan tiga metode berbeda.

Kerusakan minimal dapat diperbaiki dengan merekatkan gigi.
Sebuah mahkota dapat disediakan untuk menutupi gigi jika kerusakannya signifikan atau mungkin juga mengindikasikan adanya saluran akar.
Jika fraktur telah merusak akar, gigi perlu dicabut dan diganti dengan implan.

Bagaimana cara merawat gigi yang tanggal?

Gigi yang copot bisa diganti jika kondisinya masih bagus. Dalam beberapa kasus, atlet mungkin memerlukan perawatan saluran akar gigi setelah kehilangan gigi. Kedokteran Gigi di Freshmed Katowice tidak mampu menyelamatkan gigi dalam setiap kasus, tetapi mereka pasti dapat memberikan penggantian seperti gigi atau mahkota atau jembatan gigi.

Cegah cedera dengan pelindung mulut

Cedera selama olahraga kontak dua kali lebih mungkin terjadi saat atlet bermain tanpa pelindung mulut. Pelindung mulut bertindak sebagai penghalang pelindung dan ketika atlet mengalami benturan pada mulut, pelindung tersebut menyerap kekuatan untuk melindungi gigi dan rahang dari cedera. Penelitian telah menunjukkan bahwa robekan bibir dan mulut berkurang saat atlet memakai pelindung mulut.

Mendidik atlet tentang efek berbahaya dari tembakau
Banyak atlet terbiasa mengunyah atau merokok tembakau, yang merupakan salah satu kebiasaan terburuk yang dapat ditanamkan siapa pun karena dapat menyebabkan kanker mulut dan tenggorokan. Kedokteran Gigi di Freshmed menekankan pada mendidik atlet dan semua pasien pada umumnya tentang efek berbahaya dari mengunyah atau merokok tembakau.

Ambil tindakan pencegahan untuk melindungi semua atlet dalam keluarga

Cedera pribadi sering terjadi dalam olahraga, dan pelatih, atlet, serta orang tua mereka waspada terhadapnya. Berbagai jenis alat pelindung telah dikembangkan oleh produsen untuk lutut dan kepala. Alat pelindung telah berkembang selama bertahun-tahun, dan atlet profesional sangat berhati-hati untuk melindungi diri dari cedera. Salah satu contoh yang bisa dicontohkan adalah pemain baseball yang menggunakan helm batting untuk melindungi rahangnya.

Dokter gigi senang dan gembira karena semakin banyak orang yang peduli untuk melindungi gigi mereka saat berolahraga. Mereka melakukan semua yang mereka bisa untuk membantu atlet melindungi gigi mereka dan investasi gigi lainnya. Atlet yang khawatir tentang cedera olahraga disarankan untuk berdiskusi dengan dokter gigi mereka tentang pakaian pelindung yang dapat mereka gunakan karena itu bisa berarti perbedaan antara senyum yang sehat dan cedera yang mengkhawatirkan.

Author: Tyler Perez